Wisata AADC2 Makam Raja-Raja Imogiri

Makam raja-raja Imogiri atau juga dikenal sebagai raja Mataram terletak di perbukitan Imogiri Bantul, Yogyakarta. Untuk mengunjungi makam Raja yang berada di perbukitan ini pengunjungnya perlu menaiki 409 anak tangga. Dibuat khusus untuk kompleks pemakaman raja dan kerabat kerajaan Mataram Islam yang kerap dikenal sebagai bangsawan, Makam raja-raja Imogiri memang dibangun sebagai simbol status kedudukan bangsawan yang tinggi serta upaya untuk lebih mendekatkan diri kepada Yang Maha Esa. Sebagian besar pengunjung yang berdatangan memiliki maksud agar dapat lebih mengingat kepada Sang Pencipta, selain itu peninggalan sejarah kerajaan Mataram dalam menyebarkan Islam juga merupakan daya tarik tersendiri yang membuat pengunjung tertarik untuk melakukan wisata ziarah makam di Makam raja-raja Imogiri ini.

Sejarah Makam Raja-Raja Imogiri
Perbukitan Pajimatan Girirejo dipilih sebagai tempat peristirahatan terakhir raja-raja Mataram ternyata memiliki kisah sejarah yang cukup unik. Menurut cerita masyarakat, saat itu Sultan Agung sedang mencari lahan yang cocok untuk dijadikan kompleks pemakaman keluarga. Sultan Agung akhirnya menggunakan segenggam pasir dari Arab untuk menemukan lahan yang sesuai. Setelah pasir tersebut dilempar jauh, ternyata pasir tersebut tertuju ke perbukitan Imogiri. Atas dasar itu akhirnya sang Sultan memutuskan membangun kompleks pemakaman di atas Bukit Imogiri.

Selain makam Sultan beserta keluarga dan kerabatnya terdapat pula hal yang unik di kompleks pemakaman ini. Dahulu pada masa penjajahan ada salah satu dari pasukan Sultan Agung yang berhianat dan membocorkan semua strategi serangan pasukan Mataram hingga tidak pernah menang saat melawan VOC. Akibat itu pula tempat logistik yang dimiliki Kerajaan Mataram sempat diserang Belanda, hingga para pasukan Mataram akhirnya dapat dikalahkan dengan mudah. Kejadian tersebutlah yang membuat Sultan Agung geram dan memutuskan untuk menghukum mati penghianat tersebut dengan cara memenggal kepalanya. Potongan tubuh tanpa kepala tersebut akhirnya dimakamkan disebuah anak tangga dari batu menuju kompleks pemakaman Sultan Agung. Anak tangga dari batu yang merupakan makam dari penghianat itu dibiarkan begitu saja sebagai pengingat yang pahit bagi seorang yang berkhianat. Kini anak tangga tersebut sudah mengalami perubahan bentuk karena sering dijadikan pijakan bagi pengunjung untuk menuju kompleks makam Sultan Agung.

Fasilitas dan Kegiatan di Makam Raja-Raja Imogiri
Di Makam raja-raja Imogiri pengunjungnya dapat mempelajari asal usul mengenai riwayat kompleks pemakaman para Raja Mataram melalui guide yang siap memberikan panduan. Pengunjung juga dapat membeli tiga buku panduan yang dijual dalam bentuk copy yang berisi tentang sejarah makam, skema makam dan sejarah Mataram Kotagede. Beberapa fasilitas lain umumnya sangat standar seperti toilet umum, tempat parkir dan warung makan yang menyediakan masakan tradisional.

Harga Tiket Makam Raja-Raja Imogiri
Untuk memasuki kompleks Makam raja-raja Imogiri ini pengunjung tidak dipungut biaya. Para pengunjung hanya diwajibkan mengisi buku tamu yang disediakan dan sejumlah uang yang dapat diberikan seikhlasnya kepada pengurus atau juru kunci Makam raja-raja Imogiri. Biaya tambahan yang bersifat sukarela juga akan dikenakan kepada pengunjung yang membawa air dari gentong pemakaman. Ada pula kotak infak yang persis berada di depan Masjid dianak tangga paling bawah. Tentunya diharapkan pengunjung dapat memberikan sumbangan tersebut seikhlasnya.

Akses Makam Raja-Raja Imogiri
Pengunjung dapat menggunakan mobil pribadi maupun bus angkutan untuk dapat mencapai daerah Imogiri. Cukup menaiki bus jurusan Yogyakarta-Panggang atau dapat juga menaiki bus Yogyakarta Petoyan, pengunjung akan langsung dibawa menuju terminal Imogiri. Perjalanan berlangsung selama 30 menit, setelah sampai terminal pengunjung dapat menuju kompleks pemakaman raja dengan jarak sekitar 250 meter dari terminal, dan selanjutnya menaiki anak tangga menuju Makam raja-raja Imogiri.

Beberapa bulan yang lalu lokasi ini dipilih untuk syuting oleh AADC2.

jika kalian masih bingung mencari transportasi menuju kesini atau sewa mobil+sopir+bensin bisa klik disini, kami akan menjemput ditempat kalian menginap/sesuai meeting poin kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *