Paket Wisata Goa Rancang Kencana

Goa Rancang Kencana adalah gua yang memiliki banyak cerita sejarah mulai dari zaman pra sejarah hingga masa perjuangan. Hal ini dikarenakan goa ini sendiri memiliki banyak peninggalan sejarah yang sangat sayang jika anda lewatkan. Terutama adalah jika memang suka dengan sesuatu yang berbau sejarah dan budaya. Goa Rancang Kencana merupakan salah satu goa yang sebenarnya bisa dimasuki oleh siapapun tanpa harus menggunakan peralatan khusus. Goa ini sendiri berada di kawasan Desa Wisata Bleberan.

Sejarah Singkat Goa rancang Kencana.
Goa ini digandang – gandang sebagai goa purba yang sama dengan gua braholo yang berada di Rongkop. Dimana ini dilihat berdasarkan para pernemuan artefak dan tulang – tulang yang ditemukan maka ada yang memperkirakan jika mereka sudah hidup beberapa tahun yang lalu. Goa ini juga memiliki ruangan yang sangat luas dan juga lapang dengan banyaknya jumlah pohon yang juga sudah berusia sangat lama. Ada juga yang memperkirakan jika goa ini dijadikan sebagai tempat persembunyian dan tempat pertemuan dari Laskar Mataram yang juga berusaha menyusun rencana dalam usaha mengusir Belanda. Karena dianggap sebagai tempat untuk merancang strategi inilah yang akhirnya menyebabkan tempat ini dinamakan Goa rancang Kencono.

Suasana Dalam Goa Rancang Kencana
Untuk bisa masuk ke Goa Rancang Kencono ini anda hanya perlu untuk menuruni tangga batu yang mana sudah dibangun sejak dulu. Ada sebuah pohon yang tinggi dengan ukuran yang sudah sangat tinggi dan sudah melewati atap dari goa dan berdiri kokoh dan gagah. Goa rancang kencono ini memiliki ruang yang cukup luas dan sepertinya sangat bisa digunakan untuk acara pertemuan. Selain itu ada juga stalaktit yang terlihat menghiasi langitnya dan beberapa diantaranya sudah mati dan tidak terlihat lagi ada tetesan air. Di bagian ruang yang luas terdapat ruangan kecil dan juga sempit serta sangat gelap. Untuk memasuki ini anda harus melewati sebuah celah dengan ukuran yang sangat kecil dengan cara meruncuk. Didalam ruangan ini sendiri ada sebuah lukisan bendara merah putih dengan kata – kata yang berisikan penyemangat yang sebenarnya ditujukan untuk parapejuang. Yang perlu di perhatikan, anda tidak boleh terlalu lama berada didalam ruang kecil ini karena sangat pengap.Sehingga harus hati – hati untuk anda dalam mengatur napas.

Selain itu Goa Rancang Kencana yang memiliki ukuran sempit dan gelap ini juga memiliki bagian sisi lainnya juga terdapat lorong yang bisa menghubungkan antara Goa Rancang kencana dengan air terjun sri gethuk. Walaupun demikian anda untuk bisa menuju ke tempat tersebut, anda harus memasuki lorong ini anda benar – benar harus berjalan dengan cara jongkok dan merangkak. Karena langit dari goa ini sangat pendek. Dan berdasarkan sumber dari pengelola, lorong ini sebagian besarnya sudah runtuh sehingga tidak bisa ditelurusi kembali. Nah, saat malam gua ini akan disinari dengan cahaya dari bulan yang samar, memang agak terlihat mistis tapi juga sangat eksotis. Cahaya redup dari bintang dan juga sinar lampu taman yang tidak terlalu terang menjadi teman paling pas untuk anda bisa menikmati secangkir jahe di ruangan luas ini. Suara dari serangga dan juga perpaduan dengan suara angin sebenarnya menjadi Goa Rancang kencana menjadi salah satu destinasi yang sangat menarik untuk anda kunjungi. Terutama adalah jika anda memang menyukai suasana yang cukup berbeda dari segala halnya.

Alamat: Bleberan, Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55861

Rute Menuju Goa Rancang Kencono dari Jogja :
Yogyakarta – Jalan Wonosari – Piyungan – Bukit/Gunung Patuk atau “Bukit Bintang” – Sambipitu – Pertigaan Bangjo timur Lanud TNI AU Gading belok kanan ambil jalur ke arah Playen – Pertigaan selatan Pasar Playen ke kanan beberapa meter terus ke selatan menuju arah Paliyan – Pertigaan ke kanan menuju Desa Dengok  – Puskesmas Playen – Pertigaan ke kanan menuju Padukuhan Menggoran – Lokasi Goa Rancang Kencono .

Paket wisata untuk ke Goa Rancang Kencono klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *