Paket Wisata Jogja – Candi Prambanan

Share

Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan salah satu objek wisata candi yang terkenal di daerah Yogyakarta yaitu Candi Prambanan. Selain Borobudur, peninggalan sejarah ini tergolong candi Hindu terbesar di dunia karena memang area nya yang sangat luas. Tak hanya masyarakat Indonesia saja tapi para wisatawan dari luar negeri juga mengakui keindahan dari candi tersebut.

Indahnya Candi Prambanan

Candi Prambanan sendiri lokasinya berada di Kecamatan Prambanan, perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah. Nama lain dari candi ini adalah Candi Sewu karena jumlahnya yang sangat banyak yaitu seribu buah. Inilah yang menjadi daya tarik kawasan wisata tersebut, ditambah lagi dengan adanya patung Roro Jonggrang yang semakin menarik minat para wisatawan.

Keindahan dari Candi Prambanan tak hanya karena pemandangan sekitarnya saja yang luar biasa indah, tapi juga keunikan dari bangunannya. Tiap dinding candi memiliki relief yang berkisah tentang Ramayana. Ketika Anda berkunjung kemari maka ada banyak sekali hal menarik yang bisa dinikmati seperti kokohnya pemandangan candi Hindu, relief yang memiliki cerita, dan adanya pertunjukan tari Ramayana di malam hari. Harga tiket masuk ke objek wisata Candi Prambanan sendiri masih tergolong murah yaitu 40.000 rupiah untuk orang dewasa dan 20.000 untuk anak-anak. Namun, bagi para wisatawan asing harganya berbeda dan pastinya jauh lebih mahal.

Kisah Cinta Dibalik Candi Prambanan

Rupanya bukan hanya pemandangan indah dan keunikan dari bangunan candinya saja lho yang membuat wisatawan kagum. Akan tetapi, ada legenda menarik di balik Candi Prambanan yaitu kisah cinta tragis antara Roro Jonggrang dan Prabu Bandung Bondowoso. Konon katanya candi yang jumlahnya seribu ini dibangun sebagai bukti cinta sang prabu pada Roro Jonggrang. Tapi sayangnya puteri dari Raja Boko ini sangat membenci Bandung Bondowoso karena dia telah membunuh sang ayah.

Untuk menghindari lamaran dari Bondowoso akhirnya Roro Jonggrang melakukan sebuah tipu daya yaitu memintanya membangun seribu candi dalam waktu satu malam. Permintaan ini dianggap sangat sepele karena sang prabu meminta bantuan para jin untuk membangunnya. Karena tau kalau candi sebentar lagi akan selesai maka Roro Jonggrang mengajak para gadis desa memukul lesung dan membakar tumpukan jerami. Para jin ketakutan dan menghilang karena berfikir hari sudah pagi dan pembuatan candi segera dihentikan. Bandung Bondowoso marah dengan tindakan licik sang putri dan akhirnya mengutuknya menjadi sebuah patung untuk melengkapi kawasan Candi Prambanan.

Legenda tersebut sampai sekarang masih dipercayai dan menjadi daya tarik tersendiri yang membuat lokasi wisata tersebut ramai wisatawan. Ditambah lagi adanya sebuah patung wanita berpakaian kerajaan Jawa lengkap yang ada di kawasan tersebut. Patung tersebut dipercayai sebagai Roro Jonggrang yang telah dikutuk karena berkhianat. Padahal para pemerhati sejarah sudah mengkonfirmasi jika legenda tersebut hanyalah cerita rakyat biasa dan tidak ada hubungannya dengan pembuatan Candi Prambanan.

Menarik sekali bukan objek wisata Candi Prambanan yang ada di Kota Jogja? Kalau Anda sudah pernah mengunjungi dan menyaksikan keindahan dari candi tersebut, cobalah untuk datang saat malam hari. Setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu pada pukul setengah delapan malam, biasanya diselenggarakan sebuah pertunjukan tari yang disebut Ramayana Ballet. Pertunjukan sendratari ini sangat menarik dan luar biasa karena berkisah tentang kisah cinta Rama dan Sinta. Jadi, jangan lewatkan mengunjungi kawasan wisata Candi Prambanan ketika Anda dan keluarga berlibur di Yogyakarta.

jika ingin mengunjungi candi prambanan Yogyakarta dan tempat wisata yang wajib dikunjungi anda bisa memakai jasa sewa mobil di jogja inlude driver & bensin, untuk info pemesanan bisa hubungi klik di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *