Paket Wisata Jogja Ke Pantai Timang

Share

Mulai bosan main di Parangtritis saat berkunjung ke Yogyakarta? Berarti sudah saatnya Anda menjelajah objek wisata lain yang tak kalah cantik, salah satunya adalah Pantai Timang. Pantai yang berada di Kabupaten Gunung Kidul ini menawarkan kombinasi kecantikan panorama hingga adrenalin yang jarang ditemui di tempat-tempat liburan lainnya.

Timang, Pantai Elok yang Menantang di Yogyakarta

Berlokasi di Dusun Danggolo, Kecamatan Tepus, Timang masih berada di wilayah administrasi Gunung Kidul. Anda dapat mencapai pantai tersebut dari Wonosari dengan jarak tempuh sejauh kurang lebih 35 kilometer. Jarak tersebut lebih dekat dibandingkan kalau Anda pergi dari pusat kota Yogyakarta. Walau melelahkan, semuanya akan terbayar begitu Anda sampai di pantai berbatu terjal tersebut. Bukan cuma disambut keindahan ombaknya, Timang juga dekat dengan pantai-pantai di sekitarnya, termasuk pantai Jogan, pantai Nglambor, pantai Siung, pantai Seruni, pantai Ngetun, hingga pantai Pok Tunggal.

Lantas, ada petualangan seru apa yang menanti wisatawan di Timang? Pantai ini rupanya mempunyai karang-karang besar yang kerap kali dihantam ombak. Objek berbahaya ini lantas dijadikan wahana yang menarik wisatawan untuk menjajal keberanian mereka. Untuk melintasi karang tersebut, Anda akan naik sebuah gondola atau kereta gantung tradisional yang digerakkan tenaga manusia. Lantas, gondola pun ditarik dari bibir pantai ke Pulau Watu Panjang, sebuah pulau kecil yang berada di pantai Timang.

Kereta yang Anda tumpangi pun sarat akan tantangan, karena dibuat secara manual dengan kayu dan tali tambang. Namun, Anda jangan cemas, karena tambang relatif kuat menghadapi air laut yang bersifat korosif. Sebenarnya, gondola yang berada di Pantai Timang bukan fasilitas khusus untuk turis, melainkan transportasi yang dipakai para nelayan di sana untuk berburu lobster.

Kemudian, menyeberang laut menggunakan gondola pun awalnya tidak dikenakan biaya. Namun, jumlah wisatawan yang terus meningkat membuat warga mengkomersilkan kereta kayu tersebut. Untuk satu kali seberang, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp200.000. Memang mahal, tetapi mengingat gondola itu ditarik dengan tenaga manusia, rasanya nominal tersebut tidak terlalu berlebihan. Tak semua orang bisa menggerakannya. Biaya tadi pun sepertinya setara dengan pengalaman menantang sekaligus berkesan yang bakal Anda dapatkan di Timang.

Akses dan Transportasi Menuju Pantai Timang

Karena masih belum disentuh fasilitas dari pemerintah, tak sedikit wisatawan yang kesulitan saat hendak mencapai Timang. Kendaraan roda empat seperti mobil kurang direkomendasikan, jadi alangkah lebih baik kalau Anda membawa motor untuk mencapai pantai tersebut. Dari Wonosari, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Jalan Baron. Setibanya di pertigaan Mulo, berbeloklah ke kiri Pantai Siung sampai Anda tiba di pasar Dakbong. Untuk harus bersiap untuk 5 kilometer berikutnya, sebab Anda akan bersua jalan berbatu nan terjal yang akan menguras stamina dan harus dilewati hati-hati.

Perjalanan yang sarat akan tantangan ke pantai Timang membuat Anda harus menyiapkan perbekalan hingga kondisi fisik yang prima. Belilah makanan-makanan mengenyangkan yang mudah disantap atau diolah seperti roti dan mi instan. Anda pun dapat memanfaatkan peta digital seperti Google Maps untuk mencari lokasi Timang. Namun, akan lebih baik kalau Anda pergi ke pantai tersebut bersama orang yang hapal rute dan tahu cara menangani hambatan di sepanjang perjalanan.

Demikian informasi seputar Pantai Timang dan tip singkat bagi Anda yang ingin melancong ke sana. Pastikan Anda sudah mempersiapkan segala kebutuhan agar perjalanan tetap lancar.

untuk menuju lokasi pantai timang anda juga bisa menyewa mobil include driver, klik disini untuk memesan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *