Paket Wisata Sunset Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko menempati area seluas 250.000 m2 dengan keunikan dan daya tarik tersendiri yang dimilikinya. Merupakan salah satu situs peninggalan arkeologi yang banyak ditemui di Jogjakarta, Candi Ratu Boko merupakan tempat wisata peninggalan sejarah yang berbentuk komplek dengan bagian-bagian bagunan yang terpisah dihamparan bukit yang luas.

Terletak di dataran tinggi, Candi Ratu Boko memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan. Dari area komplek ini akan terlihat dari jauh pemandangan Candi Perambanan dan Candi Kalasan yang terletak di utara ditambah dengan pemandangan sawah dan pedesaan. Dari arah selatan akan tampak pula pemandangan Pantai Selatan yang terlihat samar-samar, membuat panorama dari Kompleks Candi Ratu Bokosemakin terlihat sepektakuler.

Seluk Beluk Bangunan Kompleks Candi Ratu Boko
Nama Ratu Boko sendiri atau kerap dituliskan sebagian orang dengan Nama Ratu Baka memiliki sejarah tersendiri. Diyakini bahwa keraton atau istana Ratu Boko ini dulunya merupakan peninggalan dari seorang Raja Mataram yang bernama Ratu Boko yang merupakan ayah dari Loro Jonggrang. Kompleks bangunan ini juga kerap dikaitkan dengan legenda Loro Jonggrang tersebut. Kini bekas kejayaan kraton mataram hindu ini hanya tinggal puing peninggalan saja yang menyisakan misteri. Berikut merupakan bangunan menarik sisa peninggalan sejarah Candi Ratu Boko yang dapat anda temukan antara lain:

Gerbang Candi Ratu Boko–  Memasuki kompleks Candi anda akan menemukan 3 gapura paduraksa yang berdiri sejajar dengan sisa kemegahan yang masih dapat terihat. Begitu pula pada bagian dalam terdapat 5 gapuran paduraksa berundak yang masih berdiri kokoh.

Candi Batu Kapur – Candi ini hanya berbentuk sebuah pondasi berbentuk persegi yang terbuat dari batu kapur. Bagian atasnya diperkirakan sudah tidak bersisa karena terbuat dari kayu yang mudah lapuk.

Paseban – Paseban berarti tempat untuk menghadap raja yang kini hanya tersisa sebagai reruntuhan bangunan berupa teras dengan tinggi 1,5 m, panjang 38 m dan lebar 7 m. Didalamnya juga terdapat sisa tumpukan batu berjumlah 20 umpak yang diduga sebagai dasar tiang bangunan.

Pendapa – Berada di bagian selatan Candi Ratu Boko, pendapa atau pendopo merupakan tempat yang diperkirakan sebagai tempat untuk penyambutan tamu. Dipagar dengan dinding batu andesit setinggi 3 meter bagunan ini memiliki luas 40 m x 30 m.

Keputren – Bangunan dengan pagar dinding setinggi 2 meter ini didalamnya memiliki 2 buah kolam persegi dan 8 buah kolam lain yang berbentuk bundar. Diperkirakan Keputren dulunya digunakan sebagai kolam pemandian raja dan para wanita.

Gua Candi Ratu Boko – Gua ini terdiri dari dua buah bagunan dengan ciri khas batu berbentuk persegi dengan lubang. Gua pertama merupakan gua lanang di timur laut Paseban dan gua kedua adalah Gua Wadon  yang terletak disebelah tenggara Paseban.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Kompleks Candi Ratu Boko
Loket komplek Candi Ratu Boko ini dibuka mulai dari jam 6 pagi hingga jam 5 sore. Waktu terbaik mengunjungi kompleks Candi Ratu Bokoini adalah saat sore hari saat matahari akan terbenam. Tiket masuk untuk Candi Ratu Boko ini terdiri dari dua katagori, yakni tiket reguler dengan harga Rp. 25.000,- termasuk tiket parkir yang berlaku mulai dari jam 6 pagi hingga sebelum jam 3 sore dan  tiket sunset dengan harga yang relatif lebih mahal yakni Rp. 100.000,- yang berlaku setelah jam 3 sore.

Jadi, untuk mendapatkan pemandangan eksotik matahari terbenam dari sisa reruntuhan Candi Ratu Boko yang megah dan mempesona ada baiknya anda datang lebih awal, sehingga tiket yang berlaku dapat lebih murah. Anda dapat berada lebih lama hingga sore hari dan menyaksikan keindahan matahari terbenam yang indah di kawasan kompleks Candi Ratu Boko.

jika kalian sedang berlibur di jogja bingung ingin cari rental mobil wisata murah bisa klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *